Daerah  

Siap Sukseskan Pilkada 2024, DPD Kabupaten Bogor Selenggarakan Peningkatan Kapasitas Satlimnas Desa Tingkat Tingkat Kabupaten 2024

Bogor – GAPURANEWS.ID | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Satlinmas Desa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2024 untuk Angkatan I. Adapun tema yang diusung adalah “Satlinmas Siap Sukseskan Pilkada 2024”.
Kegiatan ini diikuti oleh 42 orang anggota Satlinmas Desa dari 21 desa di 6 Kecamatan, dilaksanakan pada tanggal 9 – 11 September 2024 di Mega Hotel & Resort yang terletak di Jl. Raya Puncak Gadog No. KM 75 Cipayung Datar Megamendung Kabupaten Bogor.

Peningkatan Kapasitas Satlinmas Desa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2024 untuk Angkatan I di buka oleh Ketua Tim Keswadayaan Masyarakat pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Kabupaten Bogor.

“Peningkatan Kapasitas Satlinmas Desa Tingkat Kabupaten Bogor Angkatan I dari Program regular dihadiri oleh 42 orang peserta yang merupakan Satlinmas Desa perwakilan dari 21 Desa yang tersebar di 6 Kecamatan se-Kabupaten Bogor”.

“Program ini merupakan program lanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan di awal tahun terkait Pilpres dan Pilkada tahun 2024 yang terbagi menjadi dua gelombang. Pelatihan Linmas Gelombang ke-1 dengan jumlah peserta sebanyak 359 Satlinmas dan pada Pelatihan Linmas Gelombang ke-2 dengan jumlah peserta sebanyak 302 Satlinmas. Dengan demikian total Satlinmas yang sudah terlibat sebagai peserta dalam Peningkatan Kapasitas Satlinmas Desa Tingkat Kabupaten Bogor hingga saat ini mencapai 703 Satlinmas”.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anggota Satlinmas desa di Kabupaten Bogor dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk melindungi Masyarakat dengan menciptakan suasana tertib, aman dan nyaman. Selain itu anggota Satlinmas juga mendapat pembekalan untuk mensukseskan Pilkada 2024.

Sebagai bagian dari garda terdepan, Satlinmas harus siap siaga untuk ikut serta perperan dalam mensukseskan Pilkada 2024. dengan membantu panitia penyelenggara Pilkada mulai Tingkat Kecamatan, Desa dan di tiap tps.

Bersar harapan kami melalui kegiatan peningkatan kapasitas ini anggota Satlinmas di Kabupaten Bogor dapat lebih meningkat pemahaman, pengetahuan dan kemampuannya dalam melaksanakan perlindungan terhadap masyarakat, serta dapat berperan aktif mensukseskan pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Bogor.

Adapun Materi – materi yang diberikan diantaranya :
Meningkatkan Tugas dan Fungsi Satlinmas Desa dalam Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat Menjelang Pilkada 2024 di Kabupaten Bogor oleh Analis Kebijakan Madya Sekretariat Daerah.
Posisi dan Kedudukan Satlinmas dengan Pemerintah Desa oleh Kementerian Dalam Negeri.
Sinergitas Satlinmas Desa dengan Bhabinkamtibmas/Babinsa Dalam Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat Menjelang Pilkada 2024 di Kabupaten Bogor oleh Kepolisian Resort Bogor.
Mitigasi dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana alam oleh Satuan Polisi Pamong Praja.
Pengetahuan anggota Satlinmas dalam Program BPJS Ketenagakerjaan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Pada akhir kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas ini, sebagai bentuk apresiasi atas kehadiran Satlinmas Desa yang sangat berperan dalam mejaga Keamanan dan Ketertiban Umum di Desa, diberikan Sertifikat Penghargaan Pelatihan serta Souvenir berupa Tas dan Rompi Satlinmas kepada kepada seluruh peserta.(Rony SP)