Proyek Swakelola DAK Gedung SD N 173272 Silait Lait Terkesan Asal Asalan Dan Diluar Prosedur teknis

Taput – GAPURANEWS.ID | pembangunan Gedung SD N 173272, Desa lait lait , Kecamatan siborongborong, Kabupaten tapanuli Utara yang saat ini sedang di kerjakan diduga dikerjakan asal jadi.

Proyek yang dikerjakan secara swakelola oleh kepala sekolah Boru siregar diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah ditentukan.

Amatan tim awak media dilokasi Rabu,11/9 ,Proyek pembangunan gedung SDN 173272 silait lait , dalam pelaksanaannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan tahun 2024.

Ironisnya, pelaksanaan proyek ini tidak dilakukan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak dan juknis) yang sudah ditetapkan pemerintah.

Masih amatan dilokasi , dalam pelaksanaan pembangunan gedung sekolah silait lait, setiap sudut bangunan kontruksi awal diduga tidak menggunakan Batu padas untuk pondasi gedung , terlihat jelas ada menggunakan batubata yang diduga sisa sisa bongkaran gedung lama.

Salah seorang Guru boru hutasoit yang menemui awak media ini sembari mengatakan kalau kepala sekolah sedang sakit, besok saja datang kembali, saya akan beritahu atas kedatangan bapak bapak ujarnya ketika awak mediaini menanyakan keberadaan kepalasekolah.

Diketahui pagu anggaran dengan 3 nomenklatur antara lain Pembangunan Ruang Kelas belajar, Gedung perpustakaan dan Gedung UKS, menelan biaya dari DAna Alokasi Khusus (DAK) sebesar 1miliar lebih.

Sahata Hutabarat Salah Seorang pemerhati pembangunan taput mengatakan, setiap rencana pekerjaan harus menggunakan cor beton yang diperkuat dengan adanya rangkaian besi letaknya posisi di bawah pondasi, tapi ini malah sebaliknya .

Masih Amatan sahata untuk penyambungan besi untuk coran tiang tidak sesuai teknis pekerjaan, jelas kelihatan kalau besi untuk tiang disambung diatas coran reng balok, tentu kuwalitas untuk tiang coran dikhawatirkan kwalitasnya dan tidak akan bertahan lama, pungkasnya.

Dengan hal tersebut, diharapkan Pihak dinas pendidikan tapanuli utara terutama Kementerian Pendidikan untuk menindaklanjuti atas pelaksanaan pembangunan gedung SDN 173272 silait lait siborong borong Tapanuli Utara.

Jika pekerjaan dilakukan tidak sesuai RAB dan juklak juknis yang ada, lantas mengacu kemana pekerjaan proyek ini,Hal ini jelas akan merugikan pemerintah dan masyarakat terlebih keuangan negara.(Norris Hutapea)