Daerah  

Pemkab Kendal Gelar Doa Bersama untuk Palestina

KENDAL | GAPURANEWS.ID || Pemerintah Kabupaten Kendal bersama Dewan Masjid Indonesia dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Kendal menggelar doa bersama untuk keselamatan warga Negara Palestina, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Kamis (2/11/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Ir. Sugiono, MT atas nama Bupati maupun atas nama pribadi menyampaikan dan mengucapkan terima kasih kepada Para Ulama, Pemimpin instansi juga organisasi dan semua yang hadir di acara tersebut, yang telah mengikhlaskan niat mendoakan saudara-saudara kita umat muslim yang terdzolimi di Palestina.

Sugiono mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan juga bentuk kepedulian dan dukungan kita untuk Palestina, serta mempererat silaturahmi dan ukhuwah antara Ulama, Umaro serta masyarakat kabupaten kendal.

Bombardir Zionis israel di Palestina terus merenggut nyawa ribuan orang. Hal ini menurut laporan Kementerian Kesehatan Palestina per 30 Oktober 2023 yang dilansir Foundation for Friendship and Civilization Studies, mengatakan sejauh ini serangan Zionis Israel telah menghasilkan lebih dari 8.300 warga Palestina, termasuk hampir 3.500 anak-anak.

“Jumlah kematian di Gaza ini telah melampaui total kematian akibat serangan Zionis Israel ke Gaza sepanjang 16 tahun terakhir. Hingga sekarang hampir 50 persen unit pemukiman di Gaza telah rusak dan lebih dari 1,4 juta orang di Jalur Gaza mengungsi. mari kita optimalkan kesempatan ini untuk memperbanyak amal ibadah. Dengan membela, mendukung dan mendoakan saudara-saudara kita di Palestina atau di tempat lain yang terdzolimi,” tutur Sekda Kendal.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama membaca Istighosah yang ditujukan untuk warga dan bumi Palestina, dan dilanjutkan dengan pernyataan sikap oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Kendal.

Adapun pernyataan sikap yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal yang juga Ketua DMI Kendal, diantaranya mengutuk segala bentuk kekerasan yang terjadi dalam perang yang telah mengakibatkan ribuan korban masyarakat sipil berjatuhan di Gaza dan Israel.

Menyerukan penyelesaian perang dan proses bina damai yang berdasar pada penghormatan hak asasi manusia dan keadilan antarpihak yang bertikai.

Mendukung upaya bantuan pemerintah Indonesia dan dunia internasional untuk mengerahkan moril dan bantuan demi meringankan penderitaan masyarakat sipil di Gaza dengan membuka blokade, mempercepat tercapainya proses negosiasi antara Israel dan Palestina, serta mewujudkan kemerdekaan seutuhnya bagi Palestina.

Menyerukan masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak mudah terpengaruh oleh provokasi maupun disinformasi yang tersebar di media sosial. (Tfq)