Buka Trip Observasi SMA Labschool Cireunde, Pj Bupati Subang Tekankan Ilmu Tidak Hanya Didapat Di Dalam Kelas

SUBANG – GAPURANEWS.ID | Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd, didampingi Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Subang Rosnelly Imran, S.KM, hadir dalam Pembukaan Trip Observasi SMA Labschool Cireundeu, bertempat di Desa Sukamandi Kecamatan Sagalaherang, Senin (28/10/2024).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Labschool Cireundeu sebagai ajang pembelajaran bagi siswa siswinya tentang bagaimana hidup di tengah masyarakat sekaligus sebagai pelepas penat dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Membuka sambutannya, Dr. Imran menyatakan hari ini adalah hari yang luar biasa karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, para pemuda dari Labschool datang ke Sukamandi untuk belajar bermasyarakat.

“Hari yang sangat luar biasa. Tepat hari ini 28 Oktober. 96 tahun kita peringati Hari Sumpah Pemuda. Dan hari ini pemuda Labschool datang untuk melakukan kegiatan yang luar biasa,” Jelasnya

Pj Bupati Subang menyampaikan sambutannya dengan mengenakan Wastra Kabupaten Subang yaitu baju Demang pertama Subang sebagai wujud dari upaya melestarikan budaya leluhur.

Selanjutnya Dr. Imran mengutip pidato Sokarno terkait pentingnya peran pemuda dalam pembangunan.

Dirinya yakin dan percaya kemerdekaan Indonesia hanya akan bermakna apabila diisi oleh para pemuda.

“Harapan besar kepada pemuda Indonesia. Generasi muda itu punya peran penting dalam membangun Indonesia ke depan. Bahkan Bung Karno pernah berkata beri aku seribu orang tua, maka akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri sepuluh pemuda, akan kuguncang dunia. Itu menggambarkan pentingnya pemuda dalam merumuskan, merebut, membentuk, memeprthanakan serta mengisi kemerdekaan negara kita,” harapnya

Pj Bupati Subang memberikan apresiasi pada kegiatan yang diselenggarakan Labschool tersebut, lantaran diyakini akan mampu memberikan gambaran bagi siswa siswi Labschool terkait kondisi daerah di luar Jakarta.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengisi kemerdekaan sekaligus memeprhatankan kemerdekaan. Dengan hadirnya siswa Labschool di Sukamandi setidaknya anak-anak kita jadi tahu kondisi riil. Kalau kita lihat Subang ini tidak terlalu jauh dari Jakarta. Tapi tertinggal jauh dari Jakarta,” tuturnya

Dr. Imran yakin kegiatan tersebut mampu memberi ide dan inspirasi terkait bagaimana membangun Indonesia ke depan.

“Muncul inspirasi ide baru bagaimana nantinya kita bisa membangkitkan masyarakat membangun wilayah di seluruh Indonesia,” ujarnya

Menutup sambutannya, Pj Bupati Subang mengingatkan ilmu tidak hanya dapat diperoleh di meja belajar di dalam kelas, tetapi ilmu juga bisa didapat di luar kelas, termasuk di Desa Sukamandi.

“Kadang ilmu itu tidak kita peroleh di meja belajar di ruang kelas. Tapi ilmu banyak kita peroleh di luar kelas. Termasuk di Sukamandi ini.” pungkasnya

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Subang didampingi Ketua Yayasan Labschool Cireundeu Prof. Aris Setyo Nugroho mengalungkan tanda peserta sebagai tanda dimulainya Trip Observasi SMA Labschool Cireundeu di Desa Sukamandi Kecamatan Sagalaherang.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Labschool Cireundeu, Kepala Labschool Cireundeu, Asisten Daerah bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kadisdikbud Subang, Forkopimcam Sagalaherang, Kepala Desa Sukamandi, dan tamu undangan lainnya.( Pipit )