Anak-Anak Mamba Gembira Belajar Dan Makan Bersama Prajurit Habema

Sugapa Intan Jaya – GAPURANEWS.ID |Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 509/Balawara Yudha Kostrad merupakan salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI HABEMA yang sedang melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Pada hari Sabtu, 31 Agustus 2024, Satgas Yonif 509 Kostrad, khususnya Pos Kodim Persiapan (Koper) pimpinan Letda Inf Alvinta Sembiring, melaksanakan Kegiatan Teritorial berupa Komunikasi Sosial (Komsos) ketika melaksanakan tugas pengamanan wilayah Kampung Mamba, Distrik Sugapa.

Komsos ini dilakukan dengan tujuan membina hubungan harmonis dengan seluruh lapisan masyarakat Mamba, sambil memantau perkembangan situasi keamanan setempat.

Komandan Satgas Yonif 509 Kostrad, Letkol Inf Dian Dessiawan Setyadi, telah menekankan kepada para Prajurit TNI bahwa kegiatan membantu kesulitan masyarakat di daerah tugas merupakan hal yang perlu dilakukan saat melaksanakan tugas pokok pengamanan wilayah.

Oleh karenanya, hari Sabtu tersebut, para Prajurit TNI memanfaatkan waktu pengamanan Pos dengan mengajak Komsos anak-anak Mamba yang menyempatkan diri singgah ke Pos Satgas. Kegiatan yang dilakukan ketika itu adalah belajar dan makan bersama.

Saat Komsos berlangsung, para Prajurit TNI berkesempatan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak-anak yang datang ke Pos. Untuk meningkatkan kualitas Komsos, para Prajurit TNI menawarkan makan siang bersama anak-anak Mamba. Merespon tawaran makan siang tersebut, anak-anak Mamba yang hadir di Pos menyambutnya dengan riang gembira. Merasa diperlakukan sebagai saudara, salah satu anak-anak Mamba, Dani Sondegau, berkata “Terima kasih, Om 509. Tuhan memberkati.”

“Inisiatif Satgas Yonif 509 Kostrad melakukan Komsos dengan anak-anak Kampung Mamba, merupakan upaya TNI melaksanakan Komunikasi Sosial inklusif dengan seluruh warga di Daerah Tugas, dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua”, ungkap Panglima HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiat.(U.Samsudin)