Peringati Hari Buruh Internasional May Day 2024, 1000 Tanda Tangan Dukungan Untuk Bupati DS 2 Periode

KAB.BANDUNG || GAPURANEWS || Pemerintah Kabupaten Bandung berkolaborasi dengan sejumlah serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) se-Kabupaten Bandung melaksanakan Peringatan Hari Buruh Internasional May Day 2024 di Dome Bale Rame Soreang, Minggu (26/05/2024).

May day itu mengusung tema “Kerja bersama pekerja/buruh yang kompeten dan berdaya saing untuk mewujudkan Kabupaten Bandung Bedas”. Selain itu dengan tagline, “May Day is Bedas Terampil Day”. Diharapkan melalui kegiatan May Day ini menjadi inspirasi dan para buruh semakin sejahtera.

Selain dihadiri ribuan buruh, Bupati Bandung Dr HM Dadang Supriatna dan Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna serta Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, Dandim 0627/Kabupaten Bandung Letkol Inf Tinton Amin Putra, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung Rukmana, jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung serta para pihak lainnya turut hadir.

Pada momen May Day 2024 itu, para pekerja membubuhkan “1000 tanda tangan dukungan buruh Kabupaten Bandung untuk Bupati DS 2 periode” di atas spanduk berwarna putih sekitar sepanjang 20 meter dan lebar 1,2 meter yang dibentangkan di sekitar Dome Bale Rame Soreang.

Bupati Dadang didampingi Bunda Bedas serta para buruh lainnya turut melihat 1000 tanda tangan itu. Ia pun turut mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada ribuan buruh Kabupaten Bandung tersebut.

Pada kesempatan itu, pimpinan Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Kabupaten Bandung menyampaikan pernyataan sikapnya dihadapan Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna.

Serikat Pekerja/Serikat Buruh Kabupaten Bandung mendukung
sepenuhnya Kang DS untuk
memimpin kembali sebagai Bupati Bandung pada periode 2024-2029.

Bupati Dadang mengatakan bahwa para hari Minggu ini, para buruh Kabupaten Bandung yang tergabung dalam 16 SB/SP se-Kabupaten Bandung berkumpul untuk melaksanakan Peringatan Hari Buruh Internasional May Day.

“Yang tentunya lebih kepada kegiatan-kegiatan yang positif. Kebersamaan dan sinergitas antara para buruh dengan para pengusaha dan pemerintah daerah sudah terlihat,” katanya

“Tentu kebiasaan ini perlu kita tingkatkan, bahkan kita pertahankan untuk bagaimana ke depan persoalan keinginan dan harapan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Kang DS pun terus mendorong masyarakat Kabupaten Bandung, khususnya kalangan buruh untuk meningkatkan sumber daya manusia yang profesional dan paham digitalisasi atau ilmu pengetahuan.

“Kemudian big data. Kaitan dengan big data ini, kita duduk bersama kira-kira apa yang harus bisa dikomunikasikan antara perusahaan yang satu dengan lainnya. Tentu ini salah satu ‘PR’ kita bagaimana untuk bisa memprogramkan ke depan supaya langkah-langkah untuk menghadapi persiapan Indonesia Emas 2045 di Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Dalam menghadapi Indonesia Emas 2045 itu, Kang DS menginstruksikan Kepala Disnaker Kabupaten Bandung supaya pada buruh paham terhadap lima hal yang harus dipersiapkan.

“Semua pihak diwajibkan untuk melakukan peningkatan kualitas SDM yang profesional dan paham IT (Informasi dan Teknologi). Selain itu big data, riset and development, institusi yang kuat, mengelola keuangan (anggaran) dengan baik,” katanya.

Kang DS pun berharap kepada Dinas Ketenagakerjaan untuk mendata keseluruhan berapa pegawai atau buruh di Kabupaten Bandung.

“Berdasarkan data yang dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Bandung, tahun 2021 angka pengangguran terbuka di Kabupaten Bandung mencapai 8,52 persen. Saat ini sudah menurun 6,92 persen, dan bahkan 6,52 persen,” katanya.

Pemkab Bandung siap mensuport investasi di Kabupaten Bandung. “Saya siap untuk tidak menghambat perijinan perusahaan se-Kabupaten Bandung,” katanya.

Kang DS mengatakan pada dasarnya sejumlah pihak bersepakat mulai dari bagaimana untuk bersinergi antara Apindo, Pemerintah Daerah dan juga para buruh yang menjadi perhatian.

“Jadikan perusahaan ini sebagai perusahaan kita bersama,” harapnya.

Ia pun mengajak banyak pihak untuk menghargai para petani. Karena pakaian dan makanan yang dihasilkan merupakan hasil para petani yang hebat.

“Itu peran para petani yang sangat luar biasa,” katanya.

Sebelum meninggalkan lokasi Peringatan Hari Buruh Internasional May Day 2024, Kang DS memberikan hadiah door prize 2 tiket melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah Arab Saudi untuk buruh Kabupaten Badung yang hadir saat itu. ***