Pada Pemilu 2024 PKS  Peroleh  Kursi Terbanyak  di DPRD Kota Cimahi

Exif_JPEG_420

CIMAHI | GAPURANEWS || Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai dengan raihan kursi terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 Kota Cimahi pada 14 Februari lalu.

PKS meraih sembilan kursi, lebih banyak ketimbang raihan partai tersebut pada Pemilu tahun 2019 lalu dengan tujuh kursi.

Di urutan kedua ditempati Partai Golkar dengan raihan tujuh kursi, lalu PDI Perjuangan dan Partai Demokrat yang sama-sama meraih enam kursi. Posisi selanjutnya ditempati Partai Gerindra dan Partai NasDem yang sama-sama meraih lima kursi, disusul PKB dengan raihan empat kursi, PAN dengan raihan dua kursi, dan PPP dengan raihan satu kursi.

Jumlah keseluruhan kursi DPRD Kota Cimahi 45 kursi. Kursi terbanyak DPRD Kota Cimahi diraih PKS dengan 9 kursi.

Konstelasi hasil Pemilu 2024  berubah dibanding dengan hasil Pemilu 2019 lalu. Dimana pada Pemilu kali ini ada partai yang tidak mendapatkan jatah kursi.

Ada penambahan suara ke PKS, kemudian ada partai yang tidak dapat kursi yaitu Partai Hanura. Jadi dari 10 partai di DPRD Kota Cimahi periode sebelumnya, periode kali ini hanya 9 kursi.

Secara komposisi legislator yang melenggang masih didominasi wajah-wajah lama. Namun tak sedikit juga petahana yang gagal mempertahankan posisinya. ***