Organisasi Wartawan PACIRA Dan BMW Adakan Pelatihan Jurnalistik Untuk Anggotanya

Kab. Bandung | GAPURANEWS.ID || Wartawan merupakan orang yang bertugas melakukan kegiatan jurnalistik secara rutin. Wartawan memiliki peran penting dalam menyusun berita yang dimuat di media cetak, media elektronik, dan media online. Untuk menghasilkan berita yang kredibel, seorang wartawan harus memiliki kemampuan.

Memahami ilmu jurnalistik menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang wartawan. Ilmu jurnalistik akan membantu wartawan dalam memahami norma dan menjalankan aktivitas jurnalistik. Aktivitas jurnalistik yang dilakukan seperti menulis, mengelola, menganalisis, teknik reportase, dan pemilihan bahasa berita.

Persatuan Wartawan PACIRA (PWP) DPD Jawa Barat bersama Barisan Masyarakat Wartawan (BMW)
akan melaksanakan kegiatan pelatihan jurnlistik yang akan menghadirkan Dosen Fikom Unisba Drs. Askurifai Baksin M.Si. yang akan berlangsung di Hotel Purnama, Ciwidey Kabupaten Bandung, setiap Sabtu pertama tiap bulan selama satu tahun.

Ketua PACIRA Lot Bahtiar Sigalingging menjelaskan, diadakanya pelatihan jurnalis bagi anggota baru dan lama PACIRA untuk memberikan pelatihan pengetahuan, sikap dan keterampilan kewartawanan yang mendasar kepada wartawan agar mereka mampu berkinerja secara profesiona, Kamis (22/2).

Bahtiar menambahkan untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan PACIRA memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme. Atas dasar itu, wartawan PACIRA dalam melaksanakan tugasnya harus menaati Kode Etik Jurnalistik.

Dikesempatan yang sama Ketua BMW (Barisan Masyarakat Wartawan) Ahmad Fauzi, menyampaikan sangat mendukung program pelatihan jurnalistik untuk menambah pengetahuan dan menjadi wartawan yang profesional. ***